26 September 2015

Hemat dengan 6 Tips Belanja Pintar Ini

shopping list belanja cerdas
Shopping list via thenwxtweb.com
Hidup hemat selalu dikaitkan dengan menabung, padahal menabung hanya sebagian kecil cara untuk berhemat. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk berhemat, salah satunya adalah dengan “belanja pintar”.


Apa itu belanja pintar? Belanja pintar adalah belanja barang kebutuhan dengan cara yang paling efisien sehingga kita bisa mendapat apa yang diinginkan tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Atau dengan kata lain hemat berbelanja.

Belanja pintar sangat penting untuk dilakukan, sebab nantinya belanja pintar akan membantu kita untuk memberikan lebih banyak ruang untuk uang yang bisa digunakan di kebutuhan lain yang lebih mendesak. Lalu bagaimana cara belanja pintar? Berikut adalah caranya :

#1 Buat Daftar Belanja

Ini adalah hal utama dalam konsep belanja pintar. Sebelum anda pergi belanja ke mall, ke pasar atau ke supermarket, buatlah daftar belanja (shopping list) terlebih dahulu. Daftar belanja sangat berguna bagi kita agar terhindar dari membeli barang – barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan dan malah lupa membeli barang yang sebenarnya menjadi tujuan dari rumh.

Dalam membuat daftar belanja, susunlah mulai dari barang yang sangat dibutuhkan terlebih dahulu, baru barang – barang yang sifatnya tidak mendesak (bisa dibeli kapan saja). Tujuannya sama seperti diatas, yaitu agar kita terhindar dari pembelian barang yang tidak dibutuhkan.

#2 Displin Dengan Daftar Belanja Yang Telah Dibuat

Tujuan utama dari dibuatnya daftar belanja adalah untuk mengingatkan kita akan barang yang harus didahulukan pembeliannya. Jadi seperti percuma kalau anda sudah membuat daftar belanja tapi anda malah tidak membuka daftar belanja itu saat sampai di pasar. bisa jadi anda akan membeli barang yang tidak anda butuhkan.

Kalaupun nantinya anda ingin membeli barang lain diluar daftar belanja, lakukanlah setelah semua barang yang ada di daftar belanja terbeli. Setelah itu, barulah anda bisa memikirkan barang lain yang hendak dibeli. Tidak akan ada kata berhasil dalam konsep belanja hemat sebelum ada kedisplinan pada diri anda.

#3 Bawa Uang Pas Sesuai Kebutuhan

Usahakan anda tidak membawa uang yang berlebih saat pergi belanja. Tujuannya jelas, agar kita dapat fokus membeli barang – barang yang kita butuhkan dalam daftar belanja. Lalu bagaimana kalau harga barangnya naik? Silahkan saja anda bawa uang yang lebih untuk berjaga – jaga, namun jangan lebih dari 10% dari total perkiraan daftar belanja.

“Masih banyak kok uang di dompet, beli baju itu ah sepertinya bagus”. Begitulah yang terjadi saat kita membawa uang berlebih. Makanya tak salah jika ada kalimat “Uang banyak plus barang menggoda sama dengan boros”. Membawa banyak uang saat belanja juga dapat memicu tindak kejahatan.

#4 Hindari Pembayaran dengan Kartu Kredit atau Kartu Debit

Seperti pada poin #3, kami lebih menyarankan anda untuk membawa uang tunai untuk belanja. Alasanya, jika anda membawa kartu kredit atau kartu debit untuk pembayarannya, justru akan membuat pengeluaran anda menjadi tidak terkontrol. Karena yang anda tahu adalah uang di kartu debit masih banyak, jadi anda tak khawatir walau belanja banyak. Beda halnya jika anda membawa uang tunai pas, saat uang sudah habis dan semua barang sudah terbeli anda akan pulang.

Bawa kartu kan lebih aman? Jika anda mempertimbangkan keamanan. Ada baiknya jika anda membuat kartu debit khusus untuk belanja yang saldonya anda pas sesuai kebutuhan.

#5 Langsung Pulang Setelah Belanja

Jangan mampir jalan – jalan atau cuci mata setelah belanja, melainkan langsung pulang ke rumah. Karena jika anda jalan – jalan, justru anda akan tertarik dengan barang – barang lain yang seharusnya tidak anda beli.

#6 Catat Pengeluaran Belanja

Usahakan setiap anda belanja mintalah, kuitansi atau struk pembayarannya. Kalaupun pedagangnya tidak menyediakan, catatlah sendiri. Lakukan hal itu setiap kali anda melakukan pembyaran.

Ini sangat berguna agar kita bisa me-review harga barang sehingga kita memliki gambaran tentang harga barang dan pengeluaran ketika mau belanja di lain hari. Struk ini juga bisa anda jadikan pembanding dengan harga barang yang sama ditempat yang berbeda.


EmoticonEmoticon