3 Juni 2015

Asuransi yang Penting untuk Anda Miliki

Asuransi yang Wajib Dimiliki Orang Indonesia - Asuransi yang Cocok dan Wajib Dimiliki Oleh Orang Indonesia - Dalam konsep perencanaan keuangan keluarga, asuransi merupakan salah satu pilar penting yang untuk dimiliki. Mengapa? Karena dengan asuransi ini kita dapat menanggulangi sebuah masalah yang tidak diinginkan. Namun sayangnya, banyak sekali orang Indonesia yang belum memiliki asuransi. Dan yang lebih mengecewakan lagi, banyak orang Indonesia yang salah dalam membeli asuransi. Mereka membeli asuransi yang tidak dibutuhkan, dan sebaliknya justru asuransi yang sebenarnya mereka butuhkan tidak mereka beli.

Ilustrasi Asuransi - Image by canstockphoto.com

Salah satu hal yang menyebabkan konsumen mengalami hal seperti ini adalah karena ketidaktahuan mereka. Mereka seolah pasrah akan “bujukan dan rayuan manis” yang ditawarkan oleh pihak asuransi dan agen asuransi untuk membeli asuransi yang tidak mereka butuhkan. Padahal, perlu diketahui bahwa salah dalam membeli asuransi akan sangat mempengaruhi keuangan dalam keluarga, apalagi jika dana yang dibelikan dalam asuransi sangat besar, keuangan keluarga bisa menderita Kanker alias Kantong Kering. Berikut adalah asuransi yang wajib untuk anda miliki yang sesuai dengan orang Indonesia dan keadaan di Indonesia.

Asuransi Kesehatan

asuransi kesehatan

Memang sangat tepat sekali jika ada slogan yang mengatakan “Sakit itu mahal”. Ini memang sangat tepat, biaya yang dikeluarkan untuk berobat di Indonesia memang tergolong mahal, bahkan terhitung semakin lama biaya kesehatan di Indonesia semakin mahal. Banyak sekali rumah sakit yang mematok harga tinggi untuk pelayanannya, baik untuk rawat inap maupun rawat jalan.

Bagi anda yang merupakan pegawai kantoran, mungkin anda sudah mendapatkan proteksi asuransi kesehatan dari kantor anda. Namun apakah proteksi tersebut sudah mencukupi? Apakah proteksi tersebut juga sudah dapat melindungi pasangan anda dan anak anda? Darimana anda tahu kalau proteksi tersebut sudah dapat melindungi anak anda dan pasangan anda? Bagaimana jika proteksi tersebut tidak dapat melindungi anak anda dan pasangan anda? Mungkin itulah beberapa pertanyaan yang dapat anda jadikan acuan untuk emilih asuransi kesehatan untuk diri anda dan keluarga. 

Perencana keuangan bisa membantu kebutuhan keuangan keluarga anda untuk asuransi kesehatan ini. akan tetapi juga dibutuhkan informasi tambahan seperti asuransi yang sudah anda milliki, kondisi keuangan keluarga anda, sejarah kesehatan keluarga anda, dan lain sebagainya. Hal ini dimaksudkan agar perencana keuangan tidak salah dalam menentukan asuransi kesehatan yang tepat untuk anda dan keluarga. Maka dari itu jangan ragu untuk menanyakan masalah ini kepada perencana keuangan.
Namun untuk kita warga Indonesia sudah cukup diuntungkan dengan adanya asuransi kesehatan dari pemerintah. Memang terdapat banyak limitasi daru asuransi yang diberikan pemerintah. Namun setidaknya itu dapat membantu kita.

Asuransi Kendaraan

asuransi kendaraan mobil
Tak dapat dipungkiri, minat orang Indonesia untuk memiliki kendaraan pribadi sangatlah besar. Hal inilah yang mendorong kami untuk menempatkan asuransi kendaraan ini ditempat kedua. Mengapa? Karena dengan banyaknya kendaraan pribadi, maka akan semakin besar pula resiko seseorang mengalami kecelakaan, apalagi jika melihat data kecelakaan di Indonesia, dimana kendaraan pribadi merupakan penyebab utama kecelakaan. Jadi ini sangat wajib untuk anda miliki jika anda sudah mempunyai kendaraan pribadi.

Di Indonesia sendiri terdapat dua jenis asuransi kendaraan, yaitu Total Lost Only (TLO) dan Comprehensive (All risk). Asuransi kendaraan TLO hanya melindungi kendaraan anda apabila kendaraan anda dicuri atau mengalami kecelakaan saja. Dimana kecelakaan yang ditanggung oleh pihak asuransi pun hanya kecelakaan yang diatas 70% (terkadang dibeberapa asuransi malah mau menanggung jika kecelakaannya diatas 80%). Sedangkan asuransi comprehensive adalah asuransi yang menanggung semua standar asuransi kecelakaan di indonesia, kecuali hal – hal yang memang dikecualikan. Namun sayangnya banyak orang Indonesia yang hanya mengasuransikan kendaraan mereka ketika mereka membayar cicilan saat mereka membeli mobil dengan kredit. Jadi ketika kredit kendaraan mereka lunas, maka mereka sudah tidak lagi mengasuransikan kendaraan mereka.

Hal yang paling penting dalam asuransi kendaraan adalah dengan memperhatikan proteksi dan polis yang diberikan oleh asuransi standar tersebut. Jika dalam proteksi dan polis tersebut anda masih merasa kurang, anda dapat membeli asuransi tambahan (extended insurance).

Asuransi Rumah

asuransi properti rumah

Apakah anda sudah mempunyai rumah sendiri? Jika sudah, maka asuransi yang selanjutnya yang paling tepat untuk anda miliki anda asuransi rumah atau asuransi properti. Sama seperti asuransi kendaraan, banyak juga orang Indonesia yang sudah memiliki rumah namun tidak memiliki asuransi property. Padahal, misal terjadi hal – hal yang tidak diinginkan menimpa rumah andaseperti banjir, gempa bumi, atau tanah longsor. Maka biaya yang anda rogoh untuk merenovasi rumah anda cukuplah menguras saku. Hampir mirip dengan asuransi kendaraan, asuransi rumah juga menggunakan Standard Property Police. Dimana Standard Property Police sudah menjadi acuan standar polis di Indonesia. 

Asuransi Jiwa

asuransi jiwa

Mungkin anda bingung mengapa saya menempatkan asuransi jiwa di nomor keempat bukan di nomor kedua setelah asuransi kesehatan. Hal ini dikarenakan belum tentu semua orang butuh asuransi jiwa. Asuransi jiwa merupakan sebuah asuransi yang disiapkan sebagai proteksi untuk resiko kematian pada pengguna asuransi, maka aka nada sejumlah dana yang diwariskan untuk membiayai kehidupan ahli waris. Jadi misal anda mempunyai istri dan anda mendaftarkan diri sebagai pengguna asuransi jiwa. Maka ketika anda meinggal, akan ada uang dari pihak asuransi untuk membayai kehidupan istri anda.

Di Indonesia sendiri terdapat empat jenis asuransi jiwa, yaitu Term life (asuransi jiwa berjangka), whole life (asuransi jiwa seumur hidup), Endowment dan Unitlink (asuransi jiwa dengan investasi). Jika anda memerlukan asuransi jiwa untuk proteksi tanpa embel – embel lainnya seperti menabung, pengembalian premi, ataupun investasi. Maka kami lebih menyarankan untuk menggunakan asuransi jiwa yang pertama, yaitu Term life. 

Itulah 4 asuransi yang menurut kami sangat tepat untuk kita miliki sebagai orang Indonesia. Mungkin jika anda mempunyai pandangan yang lain mengenai pendapat diatas, anda dapat menuliskannya pada kolom komentar dibawah ini. Sekian dan terima kasih. 
SEMOGA BERMANFAAT.
Lokasi: Republic of Indonesia


EmoticonEmoticon